SOLUSI PASTI SETIAP PERSOALAN ADALAH SHOLAT...!!!


Bismillaahirrohmaanirrohiim...

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila mendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan sholat, yang mereka itu tetap mengerjakan sholatnya.” (Qs. al-Ma’arij {70}:19-23).

Subhanallah, sesungguhnya sholat memiliki pengaruh terhadap pengalihan jiwa dari akhlak yang tercela, perbuatan keji, mungkar, dan bersenang-senang dengan kesenangan rendahan menjadi mulia. Adalah pengaruh yang tidak dimiliki oleh hal lainnya setelah kalimat tauhid.

Sholat sangat efektif mengalihkan pelakunya dari satu sisi ke lain. Dari satu citra rasa ke citra rasa yang lain. Dari satu permintaan ke permintaan yang lain. Dari satu cara berpikir ke cara berpikir yang lain. Selanjutnya dari hal-hal yang rendahan kepada hal-hal yang tinggi.

Al-Hasan Al-Bashri berkata, “Sholat, jika tidak mencegah pelakunya dari perbuatan keji dan mungkar, hanya akan menambah jauh pelakunya.”

Ketika kaum Nabi Syu’aib dikejutkan dengan ajakan kepada tauhid, taqwa serta mengingkari kebiasaan mereka berbuat zholim, mengurangi timbangan, curang, mereka segera bisa menerima ajakan Syu’aib. Ternyata, salah satu hal yang ‘menghipnotis’ mereka adalah indahnya akhlak Syu’aib yang terlahir dari sholat-sholat yang ia lakukan.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman; “Mereka mengatakan, “Hai Syu’aib, apakah sholatmu menyuruh kamu agar kami meninggalkan apa yang disembah oleh bapak-bapak kami atau melarang kami memperbuat apa yang kami kehendaki tentang harta kami. Sungguh kamu adalah orang yang sangat penyantun lagi berakal.” (Qs. Huud {11}:87).

Di era modern seperti sekarang, dimana nilai-nilai moral nyaris pupus, lantas tergerus oleh peradaban zaman, maka sholat adalah madrasah akhlak bagi orang-orang beriman.

Pada masa kita sekarang, akhlak mulia sudah menjadi barang antik..!? Kemajuan ‘sains’ membuat kejahatan juga semakin modern. Kriminal semakin banyak pilihan dan semakin mudah di akses oleh siapa saja. Kasus bunuh diri dengan melompat dari gedung-gedung tinggi, mutilasi, pencurian, aborsi, seks bebas adalah tontonan tiap hari yang sudah lumrah..!? Meningkatnya jumlah orang yang stress oleh himpitan hidup merupakan indikasi rapuhnya keimanan manusia modern..!!

Begitu juga dengan korupsi menjadi berita biasa. Padahal merajalelanya korupsi bukan karena standar hidup tidak terpenuhi, tetapi karena mental RAKUS..!! Orang-orang lebih bangga meminta daripada memberi. Tayangan televisi, alih-alih menguatkan mental rakyat, justru memnyajikan kekonyolan dan mistisme, mendorong konsumtifisme daripada produktifitas..!?

Oleh karena itu, sungguh bersama sholat diharapkan menjadi madrasah akhlak yang paling efektif, menahan sisi-sisi liar manusia, sehingga insyaAllah mereka kembali kepada fitrahnya yang suci.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Kenali Daerahmu (Aku asal dari Menes - Pandeglang)

kagum pada Diri sendiri